Slider

Koperasi Unit Desa Mandiri Mempunyai Dua Gudang Beras

Koperasi Unit Desa Mandiri Mempunyai Dua Gudang Beras

Soal : Koperasi Unit Desa Mandiri mempunyai dua gudang beras, kedua gudang itu dapat menampung masing-masing 16 Ton dan 19 2\5 Ton beras hari kedua bulan tersebut dibawa ke pasar dengan sebuah truk tersebut memiliki daya angkut 2 19\20 ton, agar beras dari kedua gudang habis berapa kalikah truk tersebut harus mengangkutnya ?

Koperasi Unit Desa Mandiri Mempunyai Dua Gudang Beras

 

Koperasi Unit Desa Mandiri Mempunyai Dua Gudang Beras

Jawab :  Untuk menghitung berapa kali truk harus mengangkut beras dari kedua gudang hingga habis, kita perlu menjumlahkan kapasitas kedua gudang dan kemudian membaginya dengan daya angkut truk. Selanjutnya, kita akan membulatkan hasilnya ke atas karena truk harus mengangkut seluruh beras, dan tidak boleh ada sisa di gudang.

Kapasitas gudang pertama adalah 16 ton, dan kapasitas gudang kedua adalah 19 2/5 ton. Untuk menambahkannya, kita harus mengonversi 2/5 menjadi pecahan desimal:

19 2/5 = 19 + 2/5 = 19 + 0.4 = 19.4 ton

Jadi, kapasitas total kedua gudang adalah:

16 ton + 19.4 ton = 35.4 ton

Selanjutnya, kita perlu membagi kapasitas total gudang dengan daya angkut truk, yang adalah 2 19/20 ton. Untuk melakukan pembagian ini, kita perlu mengonversi 19/20 menjadi pecahan desimal:

19/20 = 0.95 ton

Sekarang, kita dapat membagi kapasitas total gudang dengan daya angkut truk:

35.4 ton ÷ 2.95 ton/truk ≈ 11.898 kali

Karena kita harus memastikan seluruh beras diangkut dan tidak boleh ada sisa, kita perlu membulatkan hasil ke atas. Jadi, truk harus mengangkut beras dari kedua gudang hingga habis sebanyak 12 kali.

Terima kasih,

Tim RAJARAK.CO.ID & RAJARAKMINIMARKET.COM

0

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Iklan

blogger
© all rights reserved
Raja Rak Indonesia